1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan grafika komputer!
Grafika Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2 dimensi yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer tiga dimensi, pemrosesan citra (image processing),dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Grafika komputer juga merupakan suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan mesin jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer.
2. Sebutkan method-method yang ada pada java yang digunakan untuk menggambar serta fungsi-fungsinya?
Method-method yang ada dan digunakan untuk menggambar, diantaranya :
• drawstring (String, int x, int y): fungsinya adalah untuk menulis String yang kita inginkan pada koordinat (x,y).
• drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2): fungsinya adalah untuk membuat garis dari titik (x1,y1) hingga (x2,y2).
• drawRect (int x, int y, int width, int height): fungsinya adalah untuk membuat kotak pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas.
• drawOval (int x, int y, int width, int height): fungsinya adalah untuk membuat oval pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas.
3. Sebutkan perbedaan algoritma dasar, algoritma bresenham dan algoritma DDA pada garis lurus!
Algoritma dasar menggambarkan piksel-piksel dalam garis lurus, parameter yang digunakan tergantung dari gradient, jika besarnya gradient diantara 0 dan 1, maka digunakan sumbu x sebagai parameter dan sumbu y sebagai hasil dari fungsi, sebaliknya, bila gradient melebihi 1, maka sumbu y digunakan sebagai parameter dan sumbu x sebagai hasil dari fungsi, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gaps karena adanya piksel yang terlewatkan. Hasil dari fungsi biasanya merupakan bilangan riil, sedangkan koordinat pixel dinyatakan dalam bilangan integer (x,y), maka diperlukan operasi pembulatan kedalam bentuk integer terdekat.
Algoritma Bresenham merupakan perbaikan dari algoritma perhitungan koordinat piksel yang dengan cara menggantikan operasi bilangan riil perkalian dengan operasi penjumlahan, yang kemudian dikenal dengan Algoritma Bresenham. Pada algoritma bresenham, nilai y kedua dan seterusnya, dihitung dari nilai y sebelumnya, sehingga hanya titik y pertama yang perlu dilakukan operasi secara lengkap. Perbaikan algoritma ini ternyata tidak menghasilkan perbaikan yang cukup siginifikan. Perbaikan berikutnya dilakukan dengan cara menghilangkan operasi bilangan riel dengan operasi bilangan integer. Operasi bilangan integer jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi bilangan riel, terutama pada penambahan dan pengurangan.
Algoritma DDA (Digitaal Diferensial Analyser) adalah pembentukan garis berdasarkan perhitungan dx maupun dy, menggunakan rumus dy=m*dx. Garis yang dibuat menggunakan endpoint, yaitu titik awal dan titik akhir, setiap koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan, kemudian di konversikan menjadi nilai-nilai integer.
4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang translasi, scalling, shearing, rotasi dan refleksi pada transformasi objek!
Translasi (Translation) atau transformasi geser adalah transformasi yang menghasilkan lokasi baru dari sebuah objek sejauh jarak pergeseran. Setiap titik dari objek yang akan ditranslasi dengan besaran yang sama dimana (x, y) adalah koordinat asal objek tersebut, dan (x’, y’) adalah koordinat baru hasil perpindahan.
Scalling (Penskalaan) adalah perubahan ukuran suatu objek dengan mengalikan objek tersebut dengan matriks scaling.
Grafika Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2 dimensi yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer tiga dimensi, pemrosesan citra (image processing),dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Grafika komputer juga merupakan suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan mesin jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer.
2. Sebutkan method-method yang ada pada java yang digunakan untuk menggambar serta fungsi-fungsinya?
Method-method yang ada dan digunakan untuk menggambar, diantaranya :
• drawstring (String, int x, int y): fungsinya adalah untuk menulis String yang kita inginkan pada koordinat (x,y).
• drawLine (int x1, int y1, int x2, int y2): fungsinya adalah untuk membuat garis dari titik (x1,y1) hingga (x2,y2).
• drawRect (int x, int y, int width, int height): fungsinya adalah untuk membuat kotak pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas.
• drawOval (int x, int y, int width, int height): fungsinya adalah untuk membuat oval pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas.
3. Sebutkan perbedaan algoritma dasar, algoritma bresenham dan algoritma DDA pada garis lurus!
Algoritma dasar menggambarkan piksel-piksel dalam garis lurus, parameter yang digunakan tergantung dari gradient, jika besarnya gradient diantara 0 dan 1, maka digunakan sumbu x sebagai parameter dan sumbu y sebagai hasil dari fungsi, sebaliknya, bila gradient melebihi 1, maka sumbu y digunakan sebagai parameter dan sumbu x sebagai hasil dari fungsi, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gaps karena adanya piksel yang terlewatkan. Hasil dari fungsi biasanya merupakan bilangan riil, sedangkan koordinat pixel dinyatakan dalam bilangan integer (x,y), maka diperlukan operasi pembulatan kedalam bentuk integer terdekat.
Algoritma Bresenham merupakan perbaikan dari algoritma perhitungan koordinat piksel yang dengan cara menggantikan operasi bilangan riil perkalian dengan operasi penjumlahan, yang kemudian dikenal dengan Algoritma Bresenham. Pada algoritma bresenham, nilai y kedua dan seterusnya, dihitung dari nilai y sebelumnya, sehingga hanya titik y pertama yang perlu dilakukan operasi secara lengkap. Perbaikan algoritma ini ternyata tidak menghasilkan perbaikan yang cukup siginifikan. Perbaikan berikutnya dilakukan dengan cara menghilangkan operasi bilangan riel dengan operasi bilangan integer. Operasi bilangan integer jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi bilangan riel, terutama pada penambahan dan pengurangan.
Algoritma DDA (Digitaal Diferensial Analyser) adalah pembentukan garis berdasarkan perhitungan dx maupun dy, menggunakan rumus dy=m*dx. Garis yang dibuat menggunakan endpoint, yaitu titik awal dan titik akhir, setiap koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan, kemudian di konversikan menjadi nilai-nilai integer.
4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang translasi, scalling, shearing, rotasi dan refleksi pada transformasi objek!
Translasi (Translation) atau transformasi geser adalah transformasi yang menghasilkan lokasi baru dari sebuah objek sejauh jarak pergeseran. Setiap titik dari objek yang akan ditranslasi dengan besaran yang sama dimana (x, y) adalah koordinat asal objek tersebut, dan (x’, y’) adalah koordinat baru hasil perpindahan.
Scalling (Penskalaan) adalah perubahan ukuran suatu objek dengan mengalikan objek tersebut dengan matriks scaling.
(Sx merupakan faktor skala ke arah Horizontal dan Sy ke arah Vertikal).
Shearing adalah bentuk tranformasi yang membuat distorsi bentuk dari objek tersebut, seperti menarik sisi tertentu.
Shearing adalah bentuk tranformasi yang membuat distorsi bentuk dari objek tersebut, seperti menarik sisi tertentu.
(g nilai shearing terhadap sumbu X, h nilai shearing terhadap sumbu Y).
Rotasi adalah memindahkan sebuah objek menurut garis melingkar sejauh sudut Ө. Rotasi searah jarum jam (CW – Clockwise), biasanya dinyatakan dengan sudut negatif, sedangkan rotasi berlawanan arah jarum jam (CCW – Counterclockwise), biasanya dinyatakan dengan sudut positif.
Rotasi adalah memindahkan sebuah objek menurut garis melingkar sejauh sudut Ө. Rotasi searah jarum jam (CW – Clockwise), biasanya dinyatakan dengan sudut negatif, sedangkan rotasi berlawanan arah jarum jam (CCW – Counterclockwise), biasanya dinyatakan dengan sudut positif.
matriks Clockwise
matriks Counterlockwise
Refleksi adalah transfomasi membuat mirror dari suatu objek. Objek hasil refleksi dibuat relatif terhadap sumbu dari refleksi dengan memutar 180' terhadap sumbu refleksi. Sumbu refleksi dapat dipilih pada bidang xy. Jenis -
jenis refleksi ada berbagai macam tetapi algoritma yang digunakan semua sama tinggal mengubah matriks transfomasinya saja.
5. Jelaskan tentang windowing dan clipping!
Windowing adalah suatu koordinat yang membatasi daerah yang akn ditampilkan, window sendiri adalah sebuah area pada koordinat dunia yangdipilih untuk ditampilkan pada alat display. Clipping mengacu pada pengoptimalan komputer saja dimana hal-hal menarik yang mungkin terlihat oleh pengunjung .
6. Apa yang anda ketahui tentang viewport?
Viewport adalah area yang dipilih untuk ditampilkan setelah dipetakan.
7. Sebutkan perbedaan grafik vektor dan grafik bitmap?
Grafik bitmap merupakan gambar yang membentuk objek berdasarkan komposisi unsur titik. Setiap titik dalam grafik bitmap mempunyai tempat serta warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk kehalusan tampilan gambar. Gambar dalam format bitmap mempunyai resolusi tertentu, dalam arti setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang tetap. Sehingga apabila gambar diubah ukurannya (diperbesar / diperkecil), maka gambar akan kelihatan kabur dan tidak jelas. Hal ini diakibatkan karena gambar kehilangan beberapa titik dan detailnya. Format grafik berbasis bitmap akan mempunyai ukuran file lebih besar sehingga akan mengakibatkan ruang dalam media penyimpanan cepat penuh.
Grafik vector merupakan gambar yang membentuk sejumlah objek garis dan objek kurva berdasarkan rumus matematika. Format grafik berbasis vektor menyimpan deskripsi matematis seperti garis, lingkaran, poligon, dll. Kualitas hasil tampilan grafik berbasis vektor tidak tergantung pada resolusi gambar, sehingga apabila diubah ukurannya maka kualitas gambar tidak akan berubah baik kehalusan maupun ketajaman gambarnya. Grafik berbasis vektor biasanya mempunyai ukuran file lebih kecil sehingga akan menghemat ruang pada media penyimpanan komputer.
8. Sebutkan perbedaan photo dan gambar?
Photo adalah gambar diam yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu obyek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu, serta mempunyai detail objek yang lengkap.
Gambar adalah benda buatan manusia, yang mempunyai kemiripan dengan suatu obyek. Gambar dapat berupa dua dimensi, seperti foto atau tampilan di layar, dan dapat pula tiga dimensi, seperti patung.
9. Sebutkan elemen-elemen dasar grafika komputer?
Elemen-elemen dasar grafika komputer ialah:
a. Polilyne: deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Polyline adalah dasar dari setiap pembuatan grafik.
b.Text: menunjukkan pola-pola huruf pada komputer
c. Filled Region: bagaimana memberi atau memblok warna atau pattern pada sebuah gambar.
d.Raster Image: penyajian gambar menggunakan matriks dari setiap sel gambar, dimana sebuah gambar didefinisikan sebagai array dari besaran-besaran numeric.
10. Sebutkan device atau perangkat selain komputer dalam grafika komputer?
Perangkat masukan seperti mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll. Perangkat keluaran seperti layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll.
Refleksi adalah transfomasi membuat mirror dari suatu objek. Objek hasil refleksi dibuat relatif terhadap sumbu dari refleksi dengan memutar 180' terhadap sumbu refleksi. Sumbu refleksi dapat dipilih pada bidang xy. Jenis -
jenis refleksi ada berbagai macam tetapi algoritma yang digunakan semua sama tinggal mengubah matriks transfomasinya saja.
5. Jelaskan tentang windowing dan clipping!
Windowing adalah suatu koordinat yang membatasi daerah yang akn ditampilkan, window sendiri adalah sebuah area pada koordinat dunia yangdipilih untuk ditampilkan pada alat display. Clipping mengacu pada pengoptimalan komputer saja dimana hal-hal menarik yang mungkin terlihat oleh pengunjung .
6. Apa yang anda ketahui tentang viewport?
Viewport adalah area yang dipilih untuk ditampilkan setelah dipetakan.
7. Sebutkan perbedaan grafik vektor dan grafik bitmap?
Grafik bitmap merupakan gambar yang membentuk objek berdasarkan komposisi unsur titik. Setiap titik dalam grafik bitmap mempunyai tempat serta warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk kehalusan tampilan gambar. Gambar dalam format bitmap mempunyai resolusi tertentu, dalam arti setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang tetap. Sehingga apabila gambar diubah ukurannya (diperbesar / diperkecil), maka gambar akan kelihatan kabur dan tidak jelas. Hal ini diakibatkan karena gambar kehilangan beberapa titik dan detailnya. Format grafik berbasis bitmap akan mempunyai ukuran file lebih besar sehingga akan mengakibatkan ruang dalam media penyimpanan cepat penuh.
Grafik vector merupakan gambar yang membentuk sejumlah objek garis dan objek kurva berdasarkan rumus matematika. Format grafik berbasis vektor menyimpan deskripsi matematis seperti garis, lingkaran, poligon, dll. Kualitas hasil tampilan grafik berbasis vektor tidak tergantung pada resolusi gambar, sehingga apabila diubah ukurannya maka kualitas gambar tidak akan berubah baik kehalusan maupun ketajaman gambarnya. Grafik berbasis vektor biasanya mempunyai ukuran file lebih kecil sehingga akan menghemat ruang pada media penyimpanan komputer.
8. Sebutkan perbedaan photo dan gambar?
Photo adalah gambar diam yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu obyek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu, serta mempunyai detail objek yang lengkap.
Gambar adalah benda buatan manusia, yang mempunyai kemiripan dengan suatu obyek. Gambar dapat berupa dua dimensi, seperti foto atau tampilan di layar, dan dapat pula tiga dimensi, seperti patung.
9. Sebutkan elemen-elemen dasar grafika komputer?
Elemen-elemen dasar grafika komputer ialah:
a. Polilyne: deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Polyline adalah dasar dari setiap pembuatan grafik.
b.Text: menunjukkan pola-pola huruf pada komputer
c. Filled Region: bagaimana memberi atau memblok warna atau pattern pada sebuah gambar.
d.Raster Image: penyajian gambar menggunakan matriks dari setiap sel gambar, dimana sebuah gambar didefinisikan sebagai array dari besaran-besaran numeric.
10. Sebutkan device atau perangkat selain komputer dalam grafika komputer?
Perangkat masukan seperti mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll. Perangkat keluaran seperti layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll.
No comments:
Post a Comment